新年 Xīnnián PERAYAAN TAHUN BARU CINA

Berkaitan dengan apresiasi terhadap seni dan budaya China, maka tahun ini perayaan Tahun Baru Cina/Imlek semakin merata diselenggarakan di unit-unit sekolah di bawah naungan Yayasan Bunda Hati Kudus.

Di unit sekolah Vianney, diselenggarakan pertunjukkan Barongsai dan budaya pemberian Angpao kepada pemain Barongsai. Selain mempertunjukkan kebolehannya di lapangan sekolah, Barongsai juga berkunjung ke setiap unit di sekolah Vianney, mulai dari lantai 3 (SMA), lantai 2 (SMP) dan lantai 1 (SD) untuk mengambil Angpao yang sudah disediakan oleh Panitia. Perayaan Imlek diakhiri dengan acara pembagian jeruk kepada seluruh siswa SD. Di unit SMP, siswa dan Laoshinya mengadakan lomba artikel Imlek berupa Majalah Dinding di tiap kelas serta lomba membuat Pohon Meihua (Pohon Angpao).  Pada perayaan Imlek di sana, LBM SINO bertindak sebagai sponsor Barongsai dan buah jeruk untuk siswa SD.

jurnal februari 3

Di unit sekolah Damai, perayaan Imlek dilakukan lebih sederhana, tidak seperti tahun lalu. Diawali dengan misa, kemudian diakhiri dengan pertunjukkan Barongsai.

Di unit sekolah Tarsisius II, perayaan Tahun Baru Cina pada tahun ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakanPara siswa TK khusus datang berkumpul di halaman basket gedung sekolah Tarsisius II untuk menonton pertunjukkan Barongsai, memberi Angpao dan berfoto bersama.

Acara pertunjukkan Barongsai yang juga disponsori oleh LBM SINO ini, kemudian dilanjutkan ke aula lantai 4, bersama para siswa SMP. Setelah itu beragam lomba pun diselenggarakan, misalnya lomba makan bakpao, lomba vokal grup lagu Mandarin, lomba membuat lampion dari kertas Angpao , dan lomba membuat Pohon Meihua (Pohon Angpao). Adapun para siswa yang tergabung di dalam Mandarin Club, membuat artikel tentang Imlek dan memajangnya di papan dinding sepanjang koridor lantai 2 (SMP).

Kami berharap  pada tahun ajar yang akan datang, apresiasi terhadap seni dan budaya  Cina akan semakin mendapat tempat dan pelaksanaannya bisa menjadi suatu pembelajaran budaya yang pastinya akan menunjang pelaksanaan pembelajaran bahasa Mandarin bagi seluruh siswa.

  • 17 Oktober 2016